Kebun Unyu di Sekolah

IMG_20150617_073652

Di salah satu sudut halaman sekolah kami, sepetak kecil tanah diubah menjadi kebun tanaman obat. Sekitar setahun yang lalu, lahan yang awalnya tak terawat itu, dibuat bedengan-bedengan oleh tukang kebun sekolah. Sebelum dibedeng telah ada beberapa tanaman obat yang ditanam oleh teman-teman saat tahun ajaran baru. Namun, karena belum ada pembagian tugas untuk merawat kebun, ada tanaman yang mati karena kering. Tanaman yang masih bisa diselamatkan dipindahkan ke bedengan.

Sejak itu perawatan kebun tanaman obat dilakukan bergilir oleh semua kelas. Kegiatan ini berjalan selama satu semester. Tetapi melihat dari efektifitasnya, karena tidak semua murid terlibat, pada semester berikutnya dilakukan perekrutan untuk membuat tim kebun tanaman obat yang lebih solid. Maka, sejak bulan April 2015, mulailah terbentuk tim kebun tanaman obat, atau disebut tim Kebun Unyu.

IMG_20150407_151359

Kegiatan rutin yang kami lakukan adalah penyiraman tanaman setiap pagi hari dan pulang sekolah. Saat itu tidak semua anggota terlibat, tetapi bergantian. Sedangkan, pertemuan akbar tim Kebun Unyu dilakukan tidak rutin, setidaknya minimal satu bulan sekali. Saat semua anggota tim berkumpul, biasanya kami membersihkan kebun dari rumput-rumput liar, membuat kompos, menggemburkan tanah, dan diskusi terkait pengembangan kebun.

IMG_20150409_154205

IMG_20150617_090757

Memasuki tahun ajaran baru, anggota tim kebun semakin bertambah dari kelas XI, sementara kakak-kakak kelas XII tidak bisa terlibat dalam perawatan kebun karena sedang praktik kerja industri. Berikutnya kami juga ingin merekrut adik-adik kelas X yang tertarik untuk merawat dan mengembangkan kebun tanaman obat bersama kami. Salam Kebun Unyu.

IMG_20150602_085611

Iklan

1 Komentar

Filed under Kebun

One response to “Kebun Unyu di Sekolah

  1. Sebenarnya hal tersebut dapat dilakukan disetiap ada kegiatan kosong bu.
    Namun sayanya kita gak ada waktu buat melakukan hal tsb bu dikarenakan disetiap hari sabtu dam minggu kebanyakan dari kami sibuk untuk mengerjakan tugas sekolah dan juga sibuk mengerjakan tugas asrama entah nyuci,kerjabakti,dll bu..
    Menurut saya lebih baik hal tsb dilakukan disaat jam istirahat atau pas waktu pulang bu ! Hanya butuh waktu 15 menit saja cukup bu,dan kalau bisa ada pembagian jadwalnya juga bu biar kita semua gak saling tumpang tindih waktu bu..
    Ada juga pembagian job bu jadi nanti ada yang bagian menyiapkan alat,dll jadi juga kita bisa lebih efisien dlm menghemat waktu.
    Menurut saya itu saja sih bu wkwkk 🙂 Terimakasih bu..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s