Ceplukan di Kebunku

pohon ceplukan

Ceplukan (Physalis angulata) merupakan salah satu tanaman unik yang kusuka. Tanaman ini asli berasal dari Asia Tenggara. Ada dua jenis lain yang kuketahui: Physalis peruviana banyak dibudidayakan di Australia dan Physalis alkekengi yang terdapat di Eropa.

Aku pertama kali tahu tentang tanaman ini saat masih berada di Jogja. Saat itu aku dan beberapa teman membantu dosen kami mengidentifikasi flora yang berada di Kebun Binatang Gembira Loka. Ketika menemukan pohon ceplukan, aku agak heran dengan buahnya yang khas tertutup oleh perbesaran kelopak bunga, seperti lampion. Aku pun coba mencicipi buahnya. Hampir mirip kersen (Muntingia calabura L.), tapi aku masih lebih suka kersen.

Beru-baru ini kehadirannya di kebunku sungguh tak terduga. Pohon semampai (semeter tak sampai) itu sudah berdiri manis dengan buah-buah yang menggantung cantik. Aku tak tahu dari mana asalnya. Seumur aku hidup, aku tak pernah mendapati pohon ceplukan tumbuh di kebunku. Jadi, aku senang sekali.

Kelopak atau seludang yang berwarna kuning sudah siap untuk dipanen, menghasilkan buah yang terasa manis. Aku lebih suka yang masih kehijauan, agak asam dan segar.

buah ceplukan

Buah ceplukan mungkin tak terlalu populer jika dibandingkan dengan buah-buah lain yang banyak dijual. Namun, ceplukan juga mempunyai nilai ekonomis. Berdasarkan salah satu artikel agribisnis di majalah Flona edisi 112/April 2012,  tanaman ini dibudidayakan di Lembang dan dikenalkan untuk salad. Dua batang tanaman ceplukan saja bisa menghasilkan lebih dari Rp 100.000,- per panen. Wow.

Selain itu, ceplukan juga merupakan tanaman herbal. Seluruh bagian tumbuhan, dari daun sampai akar dan biasanya dikeringkan lebih dulu, digunakan sebagai bahan ramuan obat tradisional (sumber: Wikipedia).

Cara makan yang ingin kucoba adalah mencelupkan buahnya dalam cokelat dengan seludang masih menempel sebagai hiasan sekaligus pegangan. Ide ini kudapat dari salah satu website :p

1 Komentar

Filed under Kebun

One response to “Ceplukan di Kebunku

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s