Mengenal Manfaat Pohon Jarak Tintir atau Pohon Yodium

Bagi yang tidak akrab dengan nama jarak tintir, tanaman ini memiliki beberapa nama lain di antaranya adalah pohon betadine dan pohon yodium. Saya sendiri saat masih kecil mengira namanya adalah pohon tlutuh. Ternyata tlutuh adalah bahasa Jawa dari getah. Dulu ketika saya terluka, orangtua saya sering bilang “dikasih tlutuh”, maksudnya adalah diberi getah dari pohon yodium yang bermanfaat untuk mengobati luka luar.

IMG_20170909_095736Berikut ini klasifikasi ilmiah dari jarak tintir

Kingdom: Plantae

Subkingdom: Tracheobionta

Superdivisi: Spermatophyta

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Magnoliopsida

Subkelas: Rosidae

Ordo: Euphorbiales

Famili: Euphorbiaceae

Genus: Jatropha

Spesies: Jatropha multifida L.

Saya sudah jarang menjumpai pohon yodium di lingkungan tempat tinggal saya. Beberapa tahun yang lalu, saat kami masih aktif merawat kebun unyu, kami menanam pohon yodium yang masih kecil. Ternyata pohon itu sekarang sudah besar. Karena tidak dipangkas, batangnya tumbuh memanjang sehingga menjadi mirip pohon ketela, tapi berbunga merah. Batangnya mudah dibengkokkan sehingga saya bisa meraih daunnya.

IMG_20170909_100223

Sebenarnya lebih baik kalau pohon ini dipangkas sehingga batangnya tidak terlalu tinggi. Maka, daunnya bisa menjadi lebih banyak dan sewaktu-waktu tangkai daunnya bisa diambil dengan mudah agar getahnya bisa digunakan untuk mengobati luka luar. Cara mengambilnya yaitu patahkan ujung tangkai daun yang tersambung dengan batang. Getah akan langsung menetes dari ujungnya. Cukup meneteskan atau mengoleskannya ke luka. Rasanya agak perih, tapi tidak seperih saat menggunakan obat merah. Getahnya yang mengandung senyawa alkaloid jatrophine akan menghentikan pendarahan dan mengeringkan luka dengan cepat.

Iklan

19 Komentar

Filed under Kebun, Kesehatan

19 responses to “Mengenal Manfaat Pohon Jarak Tintir atau Pohon Yodium

  1. Ibu Thea saya mau nanya :
    1.kenapa disaat getah tersebut di balutkan ke luka kita terasa perih dan membutuhkan waktu lama ? Padahal kan itu cuma getah saja
    2.Manfaat lain selain untuk mengobati luka apa ya bu ?
    Menurut saya kita mulai mau untuk membudidayakan tumbuhan tersebut untuk kepentingan bersama .
    Disaat luka kita bisa mengobatinya lewat pohon tsb tanpa adanya betadine dan semacamnya itu. Kalau ada yang lebih alami mengapa tidak kita lakukan saja ?

    • Sabbath

      Hai Christoper,
      1. Saat kita terluka, tentu bagian yg terluka akan terasa perih saat bersentuhan dengan benda lain. Itu menandakan syaraf rasa sakit kita bekerja. Cepat atau lambatnya luka mengering tergantung seberapa parah luka yg terjadi. Jika menggunakan getah dr pohon yodium ini biasanya untuk luka yg tidak terlalu parah.
      2. Manfaat lainnya yaitu daunnya untuk mengobati luka terkilir dan bijinya mencegah gigi rusak.
      Baik sekali kalau ada semangat untuk membudayakan tanamam ini di lingkungan sekitar 😊

      • Oalah.
        Tapi kenapa pohon tersebut tidak digunakan untuk bahan obat saja bu . mengapa masih pakai bethadine ?
        Masalahnya bu hanya sedikit dari kita yg mau menanam tumbuhan ini . Karena kita berfikir kalau tumbuhan ini hanya mengganggu pemandangan saja bu,kan juga kita berfikir kan sudah ada bethadine kenapa harus pakai yodium ?
        Trimakasih bu 🙂

  2. Emilia Ernawati

    Wah, ditempat saya pun dulu banyak tanaman kayak gitu “wit tlutuh” dulu waktu saya masih kecil saat luka pun sering diberi tlutuh ini agak perih sih tapi cepet sembuh, daripada harus ngeluarin dana yang lebih buat beli obat merah mending pake obat alami dari alam yang khasiatnya pun ga kalah jauh dari obat merah. Tapi sayangnya sekarang tanaman ini jarang sekali saya jumpai didaerah saya. Padahal saya lebih suka pake “wit tlutuh” daripada obat merah :v

  3. Claudia Bayu Kristina

    halo ibu
    ditempat saya juga banyak pohon seperti itu dn memang ampuh untuk mengobati luka. cerita sedikit ya bu 😂 dlu kecil saya suka sekali naik sepeda, nah karna keasikan naik sepeda jadi gak merhatiin jalan dan akhirnya jatuh deh 😂 mamah langsung mengambil batang daun itu dn beberapa menit kemudian luka saya langsung kering. nah saya mau tanya nih bu apakah ada efek samping dari getah pohon tersebut?? seperti grjala atau zat berbahaya di dalam pohon tersebut??

    • Sabbath

      Setahu saya tidak ada efek samping dari getah pohon tersebut, Claudia. Kecuali kalau orang itu punya alergi pada getah pohon tertentu. Selama ini saya tidak menjumpai yang demikian.

      • Claudia Bayu Kristina

        oalah, kalau tdak ad efek samping knpa tdak dibudidayakan di sekolah bu/diperbanyak pohon tersebut di sekolah?? supaya kalau ada yg terluka bisa menggunakan getah pohon tersebut jika betadin di UKS sudah habis.

      • Sabbath

        Ide yang bagus. Dulunya pohon ini juga ada di sekolah, tp dicabut karena lahan kebun sekarang dibangun. Kalau Claudia punya bibitnya bisa dibawa ke sekolah. Saya juga akan cari. Lalu kita rawat bersama 😊

  4. Nurlina Agatha Sihombing

    Wah kalau di tempat saya dikenal dengan nama “Pohon Jarak” ibu, hanya saja di daerah saya, saya biasanya lihat yang pohonnya masih kecil-kecil.
    Dan saya setelah membaca sekilas info mengenai pohon ini saya baru tau kalau getahnya bisa untuk luka bakar. Yang saya tau daunnya yang bisa jadi obat. Keluarga saya sering pakai daun jarak ini untuk obat perut kembung.
    Jadi nanti yg dipakai daun yg muda, lalu diolesi minyak goreng kemudian dipanaskan diatas api sampai agak layu, kalau sudah langsung ditempelkan di perut sampai daunnya kering.
    Sekian ibu, pengetahuan tentang daun jarak yg bisa saya sharekan😊😊
    Terimakasih🙇

    • Sabbath

      Terim kasih informasi yang dibagikan, Nurlina. Bermanfaat sekali. Saya juga baru tahu kalau daunnya bisa digunakan untuk obat kembung 😊

  5. Nahasya Setiawan

    Bu Thea,apakah hanya getah dari pohon ini saja bu yang dapat di manfaat kan?

  6. Nova Tiyo Nugros

    Saya punya tanaman yodium itu didepan rumah bu.Tapi di tempat” lain sekarang jarang ditemui

  7. Rahayu mustikowati

    Tanaman seperti itu sangat banyak di tempat saya bu,tapi namanya ‘daun walisongo’ dulu waktu saya masih kecil saya sering lari* dan waktu itu saya sering sekali jatuh karena terlalu asik lari,lalu ibu saya memetik daun walisongo itu,lalu ibu sama mengoleskan getah yang ada di daun itu ke luka saya,setelah di oleskan ke luka saya,luka saya cepat kering walaupun memang perih.
    Sekian terimakasih bu.😀

  8. Kevin Daniel Hutauruk

    Yup menurut saya, setuju jadi kita semestinya ttp mengahargai dan menjaga sebagaimana makhluk hidup seperti tumbuhan tertentu seperti tumbuhan yang diatas bahwa harus menjaga dan melestarikan dengan baik (apapun segala ciptaan Tuhan di bumi ini) sehingga ekosistem di bumi dapat terjaga dengan baik .
    Terima kasih

    • Yabes Ronaldo Oktavian

      Wah, ternyata pohon jarak itu banyak manfaat ny ya bu. Pohon itu banyak tumbuh di sekitar rumah saya tapi saya belum tahu manfaatny apa,dan ternyata banyak sekali manfaatnya.

  9. Theofillus Adith C

    Bu menurut saya lebih baik kalo pohon tersebut ditanam di halam sekolah guna membuat halaman menjadi lebih hijau dan terlihat segar..
    Lebih baik juga bu kalo pohon tsb dimanfaatkan untuk bahan obat yang dibutuhkan oleh siswa siswi di sekolah disaat bethadine sudah habis.
    Menurut saya siswa diajarkan juga menanam pohon tsb dengan prosedur yg benar juga..
    tapi saya mau tanya bu apakah pohon tsb bisa digunakan untuk luka lain selain lecet dll??
    terimakasih bu

  10. Sugiyanto

    Oke buk…pertama tama marilah kita panjatkan puji syukur karena kita dapat memberikan komentar dalam ranka tugas ipa…saya mau bertanya…
    1.apakah ketika pohon itu bertumbuh besar sampai besar sekali,kandungan dalam getah yang dipergunakan untuk mengobati luka tersebut berkurang????
    2.apakah pohon tersebut dapat tumbuh di medan apapun??
    3.apakah bahan baku obat merah itu dari tanaman ini…??
    4.bisakah kita mengambil manfaat lain dari tananman ini selain dari untuk mngobati lukaaa??

    Sekian yang hanya bisa saya tanyakan…kiranya pertanyaan ini tidan menyulitkan ibu thea..terimakasihhhh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s