Pohon Kudo di Halaman Rumah

Saya suka pohon-pohon besar, salah satunya pohon beringin (Ficus benjamina). Dekat dengan rumah kami terdapat sebuah pohon beringin yang sangat besar di area bekas sanatorium. Dulu saya dan adik-adik suka bermain ke sana saat bangunan di sana masih didiami oleh Pak RT masa itu. Sayangnya bangunan tua itu sudah dirobohkan. Walaupun pohon beringinnya masih tegak berdiri, kami sudah lama tidak ke sana, hanya memandangnya dari luar pagar saat sesekali lewat.

pohon_beringin

Di halaman depan rumah kami tumbuh sebuah pohon kudo yang kian besar dan rindang. Tak kalah rindang dengan pohon beringin dan saya harap bisa menjadi tempat tinggal bagi burung-burung. Akan menyenangkan sekali jika melihat sarang burung terjalin di cabang-cabangnya.

Dulunya pohon itu tidak ada. Saya awalnya mengira pohon itu ada di pekarangan tetangga. Tapi saat mulai tumbuh besar, barulah saya sadar pohon itu tumbuh di halaman kami. Pohon tersebut menciptakan iklim mikro yang sejuk di halaman rumah kami. Di tengah pemanasan global dan perubahan iklim yang sedang berlangsung, sudah seharusnya kita menjaga keberadaan pohon-pohon rindang.

(baca cerita pendek saya yang terinspirasi dari pohon beringin di sanatorium, di link ini)

Iklan

8 Komentar

Filed under Kebun

8 responses to “Pohon Kudo di Halaman Rumah

  1. Bu mau tanya berapa lama pohon beringin tersebut tumbuh dengan besar ?
    Mengapa kog gak ditebang saja bu ? Kan konon katanya kalau ada pohon beringin yang besar disitu pasti ada maklhuk halusnya juga bu ?
    Mendingan menurut saya lebih baik kalau menanam pohon beringin itu tidak terlalu banyak karena akan merusak pemandangan juga dan susah saat membersihkan halaman yang sudah ada bekas daun2 dari pohon tsb !!
    ->Bu,ini coment hari sabtu kemarin bu tapi baru inget sekarang wkwkk 😀

    • Sabbath

      Kalau pohon beringin butuh waktu bertahun-tahun bahkan puluhan tahun untuk dapat tumbuh sangat besar. Mitosnya memang ada makhluk halus di pohon beringin. Sebenarnya peran pohon beringin penting sekali untuk lingkungan karena sistem perakarannya dapat menyimpan air dalam tanah dan pohonnya yang rindang menjadi ekosistem kecil tempat tinggal berbagai makhluk hidup.
      Selain itu, pohon beringin biasanya lebih banyak dijumpai di lapangan atau lahan yang luas. Kalau ditanam di halaman tentu halaman yang cukup luas. Jika ditanam di lahan sempit pohon beringin tersebut tidak akan tumbuh terlalu besar.

      • Tapi apakah ada manfaamanfaat laen selain untuk siklus hidup makhluk hidup yg tinggal disitu ?
        Tapi kenyataannya tumbuhan tersebut meresahkan warga bu karena daunnya sering berjatuhan dan sulit membersihkannya bu.

      • Sabbath

        Manfaatnya baik sekali sebagai penyedia oksigen dan mengurangi polusi, Cristoper, juga untuk menciptakan iklim mikro yang teduh. Bayangkan saja kalau pohon beringin yang besar ditebang, maka udara di sekitarnya jadi panas. Biasanya pohon-pohon besar ditebang kalau sudah berbahaya bagi sekitar, misalnya rawan roboh karena perakaran yang tidak kuat.
        Daun-daun yang berguguran dari pohon kan bisa terurai lagi di tanah. Memang agak repot menyapunya. Supaya lebih ringan bisa diadakan kerja bakti setiap minggunya 😊 Pohon-pohon peneduh di pinggir jalan juga banyak menggugurkan daun, tapi ada petugas kebersihan kota yang setiap hari membersihkan.

  2. Diah Ayu Cahyaningsih

    Bu saya mau nanya sampe berapa lama sih buk baik nya pohon beringin itu di biarin tumbuh besar?
    Kan klo pohon ini di biarkan tumbuh besar jg kadang bisa menghalangi pemandangan atau jalan
    Terus Ada perawatan khusus gk sih buk waktu pohonnya belum bertumbuh besar?

  3. ferisa s.p

    wah.. sepertinya menenangkan ya bu jika ada pohon itu di pekarangan, membuat sejuk ,rindang, dan rumah bagi burung” tapi apa saja sih yang menjadi kekurangan pohon tersebut . dan apakah pohon itu ada budidayanya?

  4. Budi Santoso

    Menurut saya, kehadiran pohon tersebut memeberi warna tersendiri.selain sebagai penyejuk ,juga dapat sebagai tempat tinggal bagi hewan-hewan sekitar kita.

  5. Rianti

    Bu saya mau tanya. apakah ada keuntungan yang lebih menonjol baik secara manfaatnya maupun peroses pertumbuhan ketika menanam pohon kudo di perkarangan rumah dari pada pohon beringin?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s