Pohon Kudo di Halaman Rumah

Saya suka pohon-pohon besar, salah satunya pohon beringin (Ficus benjamina). Dekat dengan rumah kami terdapat sebuah pohon beringin yang sangat besar di area bekas sanatorium. Dulu saya dan adik-adik suka bermain ke sana saat bangunan di sana masih didiami oleh Pak RT masa itu. Sayangnya bangunan tua itu sudah dirobohkan. Walaupun pohon beringinnya masih tegak berdiri, kami sudah lama tidak ke sana, hanya memandangnya dari luar pagar saat sesekali lewat.

pohon_beringin

Di halaman depan rumah kami tumbuh sebuah pohon kudo yang kian besar dan rindang. Tak kalah rindang dengan pohon beringin dan saya harap bisa menjadi tempat tinggal bagi burung-burung. Akan menyenangkan sekali jika melihat sarang burung terjalin di cabang-cabangnya.

Dulunya pohon itu tidak ada. Saya awalnya mengira pohon itu ada di pekarangan tetangga. Tapi saat mulai tumbuh besar, barulah saya sadar pohon itu tumbuh di halaman kami. Pohon tersebut menciptakan iklim mikro yang sejuk di halaman rumah kami. Di tengah pemanasan global dan perubahan iklim yang sedang berlangsung, sudah seharusnya kita menjaga keberadaan pohon-pohon rindang.

(baca cerita pendek saya yang terinspirasi dari pohon beringin di sanatorium, di link ini)

Tinggalkan komentar

Filed under Kebun

Tinggalkan Balasan

