Buah Kersen, si Mungil Besar Manfaat

E. W. M Verheij dan R. E. Coronel dalam Plant Resources of South-East Asia menuturkan buah kersen Muntingia calabura mengandung protein (2,1 gram), karbohidrat (17,9 gram), serat (6 gram), kalsium (125 mg), fosfor (94 mg), niasin (0,554 gram), vitamin A (0,015 gram), dan vitamin C (80,5 mg).

Selain bergizi, buah anggota famili Eleocarpaceae itu ternyata juga berkhasiat menurunkan gula darah penderita diabetes mellitus, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Tyas Eka Verdayanti dari Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Muhammadiyah Malang, Jawa Timur, pada 2009. Tyas Verdayanti menggunakan buah kersen matang dan dibuat jus tanpa menambahkan air atau 100% buah kersen.

Dalam riset tersebut, dia memberikan dosis yang berbeda pada tikus wistar jantan berumur 3 bulan berkadar gula darah di atas 200 mg/dl. Hasilmya perlakuan selama 21 hari mampu menurunkan kadar gula darah tikus berbobot rata-rata 200 g. Penurunan paling tinggi pada dosis 4 ml yaitu dari 214,414 mg/dl menjadi 110,811 mg/dl.

Senyawa paling berperan sebagai antidiabetes adalah niasin yang berfungsi menekan gula darah. Selain niasin, buah kersen mengandung asam askorbat  dan betakaroten. Senyawa tersebut bersifat antioksidan yang mampu menghambat radikal bebas sehingga mampu menyehatkan tubuh terutama pankreas.

Selain buah, daun kersen juga berkhasiat mengatasi diabetes. Riset oleh Dr. Ahmad Ridwan dan Rakhmi Ramdani dari Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati, Institut Teknologi Bandung, membuktikan ekstrak etanol daun kersen manjur mengatasi diabetes mellitus. Mereka menggunakan dosis 0,13 mg per gram bobot tubuh yang mampu menurunkan gula darah sebesar 48,3% dalam waktu 15 hari.

Dengan demikian, baik buah maupun daun kersen terbukti menurunkan gula darah, tetapi jika dikonsumsi berlebihan bisa menyebabkan hipoglikemia atau gula darah rendah.

Sumber: Buah Lezat Musuh si Manis. Bondan Setyawan. Trubus Edisi 525 Agustus 2013/XLIV.

1 Komentar

Filed under Kesehatan

1 responses to “Buah Kersen, si Mungil Besar Manfaat

  1. Di tempat saudara saya banyak buah kersen bu tapi sekarang sudah ditebang entah kenapa saya juga tidak tahu bu .
    Nah saya mau nanya bu : kenapa disaat saya makan buah kersenterlalu banyak rasanya pingin mual2 gitu bu . itu kanapa ya bu ?
    Juga , kenapa daun dari buah tsb saat diremas dengan tangan baunya sangat tidak enak bu. Itu kenapa ya bu ?

Tinggalkan komentar